Kamis, 12 September 2013

KESETIMBANGAN ION DALAM LARUTAN

Kesetimbangan larutan berperan penting dalam kehidupan sehari-hari serta berbagai proses biologi dan lingkung.Contohnya,ketika anda melarutkan tablet vitamin C ke dalam air.Mengapa  tablet harus dilarutkan?
Reaksi-reaksi biokima (reaksi kimia dalam tubuh makhluk hidup)kebanyakan hanya dapat berlangsung pada pH tertentu.Untuk manusia dan hewan-hewan vertebrata,pH cairan tubuh yang ideal adalah 7,4sebagaian besar enzim-enzim (katalis pada reaksi biokimia) bekerja secaram optimal pada pH 7,4.Jika pH darah berada di luar harga 7,4 +0,4,hemoglobin tidak  mampu mengikat gas oksigen pada paru-paru.Mahabesar  tuhan yang maha esa yang telah menyediakan larutan penyaga dalam tubuh kita semua,sekalipun seseorang itu tidak  mempelajari ilmu Kimia.
Semua itu merupakan contoh aplikasi dari kesetimbangan larutan.Dapatkah anda menyebutkan aplikasi lain yang erat hubungan dengan kesetimbangan larutan? Dalam bab ini,anda dapat mempelajari kesetimbangan ion dalam larutan penyangga ,larutan garam terhidrolisis,dan larutan dari garam yang sukar larut.
A.Larutan penyangga
Sebagai besar reaksi kimia industri maupun dalam tubuh manusia memerluka pH yang stabil.Agar kondisi  pH reaksi tidak berubah ,biasanya digunakan larutan  penyangga.Apa  yang dimaksud dengan larutan penyangga?
1.campuran penyangga
Larutan penyangga dapat dibentuk melalui beberapa cara,yaitu campuran asam lemah dan basa konjugasinya serta campuran basa lemah dan asam kinjugasinya.
2.Sifat Larutan penyangga
Apakah yang akan terjadi ke dalam larutan penyamgga ditambahkan sedikit asa,sedikit basa,atau pengeceran?Apakah pH larutan berubah ataukah tetap?pengaruh penambahan sedikit asam,sedikit basa.
3.Prinsip kerja Larutan penyangga
Pada pembasahan sebelum ,anda telah mempelajari bahwa pH larutan penyangga tidak berubah dengan penambahan air,sedikit asa,atau sedikit basa.
4.Fungsi Larutan penyangga
Sistem larutan penyangga banyak di gunakan dalam reaksi-reaksi kimia,Misalnya,rekasi kimia yang banyak digunakan dalam bidang kesehatan dan reaksi kimia pada tumbuhan,hewan,maupun pada tubuh manusia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar