Pesawat terbang Anda sudah tahu,
burung besi dengan sepasang sayapnya, ekor, dan bodi. Orang menciptakan
pesawat terbang memang terinspirasi dari burung. Tapi helikopter,
inspirasinya dari mana? Ada yang bilang meniru cara terbangnya capung.
Entahlah,
yang jelas kalo pesawat biasa kehilangan mesinnya masih bisa
dikendalikan layaknya glider tak bermesin - dengan cara yang benar
tentunya. Balon udara masih bisa diturunkan jika kehilangan tenaganya,
tapi helikopter?
Jika
mesinnya mati opsi-nya cuma satu: jatuh! Kira-kira orang gila mana yang
dulu berani menerbangkan prototipe helikopter? Bukan cuma menerbangkan,
mereka juga ternyata bikin mesin terbang ini menjadi monster-monster
raksasa di udara.
Dewasa
ini helikopter-helikopter ini dibuat semakin besar sesuai dengan
kebutuhannya terutama untuk mengangkut logistik perang, kargo udara, dan
penanganan bencana
Sekali
mesinnya mati atau sesuatu menghalangi lajunya, tidak ada ampun, dia
akan langsung menghunjam ke bumi. Maklum, tidak bersayap.
Sebuah
helikopter jenis NH90 jatuh di Bracciano Lake, Itali. More info; photo
by David CenciottiTapi manusia tidak menyerah dan terus berusaha
sehingga saat ini bisa dikatakan helikopter sudah seaman dan senyaman
pesawat terbang biasa.
Helikopter
di Alaska yang mencoba menarik kapal dengan sebuah tali yang panjangnya
600ft dengan posisi hidungnya yang bersudut 25 derajat ke bawah. Foto
by Ted VealBahkan mereka membuatnya dengan ukuran yang sangat besar.
Tidak
seperti pesawat biasa, Lomba membuat helikopter-helikopter berukuran
besar dimulai setelah Perang Dunia II. Seperti halnya banyak teknologi
mesin terbang, helikopter mengalami kemajuan pesat menjadi lebih
berfungsi dan aman.
Sementara
itu, di awal tahun 40-an mesin terbang cukup beruntung bisa terbang di
udara - tanpa membunuh pilotnya.Awalnya belum berlangsung begitu lama.
Di tahun 50-an muncul desain-desain helikopter radikal, baik yang
disponsori oleh Amerika maupun Uni Soviet.
Salah
satu desain yang sukses adalah Boeing Chinook yang dikenal tidak hanya
digunakan untuk kepentingan militer tapi juga digunakan oleh
perusahaan-perusahaan sipil untuk kargo. Muncul di akhir tahun 50-an dan
bertahan sangat lama digunakan karena kemampuan angkutnya.
"Helicopters
are coming!" in Look Magazine, May 18, 1954, sourceSaat ini versi
modern dan terbarunya masih digunakan di seluruh dunia. Terbukti mampu
menghubungkan lokasi-lokasi yang tidak mungkin atau sulit dijangkau.
Chinook mampu mengangkut kargo seberat 28.000 pounds (14 ton)
Helikopter-helikopter
Monster SovietRaksasa lainnya adalah Mi-6, buatan biro desain Soviet
Mikhail Mil . Dibuat di tahun 50-an, Mi-6 sosoknya memang seperti
monster.
Meski
bentuknya tidak seaneh Chinook, monster ini mampu mengangkut barang
bawaan seberat 26.000 ton (12 ton). Helikopter ini termasuk yang paling
populer di Soviet dan hingga kini beberapa diantaranya masih digunakan.
Gambar
oleh Bernhard Pethe, via Scale RotorsMeski Chinook kelihatan aneh dan
Mi-6 begitu besar, sosok helikopter-helikpoter besar lainnya dibuat
tidak lagi mementingkan ukurannya kecuali bentuknya saja yang semakin
aneh. Lihatlah sosok Mi-10. Dibuat berbasiskan Mi-6 dengan 4 kaki
monsternya yang mencolok, jadinya mirip capung raksasa.
Bukan
Amerika namanya kalau tidak menciptkan helikopter yang juga besar
seperti punya Soviet. Mungkin karena didesain oleh Hughes, helikopter
XH-17 ini benar-benar besar dan menakutkan. Jadi inget film Transformer.
Hehe.
CH-54 Tarhe sedang mengangkut F-4 Phantom II yang rusak:
Sikorsky S-64 Skycrane, gambar dari model helikopter yang cantik, lihat di sini:
Fairey
Rotodyne, 1959, digembar-gemborkan sebagai "Airline dengan vertical
take-off pertama di dunia" (proyeknya dihentikan 1962) dan merupakan
airline pertama di dunia yang menggunakan helikopter: New York Airways,
1953
"Pada 8 Juli 1953, perusahaan New York Airways menjadi yang pertama kali melayani penumpang dengan menggunakan helikopter.
Beroperasi
seperti dengan gaya sebuah perusahaan bis, helikopter-helikopter ini
terbang dari lokasi-lokasi seperti La Guardia Airport, New York
International Airport, Neward Airport, West 30th Street di Manhattan,
White Plains, dan Stamford sepanjang hari"Helikopter Terbesar Sepanjang
Masa dan Salah Satu Yang Paling Aneh
Selain
capung raksasa seperti Sky Crane dan MI-10, lihat juga sosok pesawat
ini yang sebenarnya mirip-mirip pesawat terbang biasa. Tapi ada rotor
baling-baling utama, baling-baling ekor, juga bodi pesawat, dan monster
yang dinamakan Mil V-12 ini memang lain daripada yang lain:
Memang
monster ini punya baling-baling, tapi di V-12 baling-baling ini
diletakkan di sisi samping bodinya yang besar. Aneh kan? Sampai saat ini
helikopter inilah yang dianggap sebagai yang terbesar di dunia.
Seberapa besar ?
Lebarnya
sama dengan Boeing 747, tapi tidak seperti 747 yang membutuhkan
landasan panjgan, V-12 mampu take-off secara vertikal dan pada saat yang
sama menarik beban seberat 55.000 pounds atau bahkan 80.000 pounds.
"Pada tanggal 6 Agustus 1969, Mi-12 telah mengangkut kargo seberat 44.205 kg pada ketinggian 2255 m, dan tercatat sebagai rekor dunia untuk kapasitas helikopter yang hingga kini belum terpecahkan."
Mi-26: Helikopter Terbesar di Dunia Yang Masih Beroperasi
Jangan
coba-coba mendekati monster yang satu ini ketika baling-balingnya
berputar. Batu-batu berdiameter 12 inch saja bisa diterbangkan seperti
daun. Kru-nya berjumlah 6 orang, NATO menyebutnya "Halo", mega
helikopter ini mampu mengangkut 70 penumpang atau sebuah laboratorium di
udara, atau sebuh dump-truck, dengan masih menyisakan ruang.
Saat dibandingkan dengan Chinook, Mi-26 jelas lebih besar. Lihat modelnya berikut ini:
Lihat
chart detail dari mesin ini di sini. Mi-12 masih lebih besar dibanding
dengan Mi-26, sayangnya Mi-12 sudah tidak terbang lagi.
Mi-26 sedang mengangkut Mi-10 dengan tali:
Di bawah ini rotor utama Mi-26 dan gearbox-nya:
Mi-26 mengangkut MH-47e Chinook di Afganistan (gambar kiri), detail oleh Snopes di sini.
"Bulan
November 2003, koalisi pimpinan Amerika menjalankan Operasi Mountain
Resolve di provinsi Nuristan dan Kunar, Afganistan. Foto saat operasi di
atas diambil oleh sersan Greg Heath dari US Army. Chinook mendarat
untuk menjemput tawanan Afganistan yang ditangkap oleh US Mountain
Division ke-10."
Tidak ada komentar:
Posting Komentar